Pendidikan Vokasi, seperti Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi fokus pemerintah guna menghasilkan para lulusannya menjadi sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Karena itulah, menjadi lulusan SMK harusnya memiliki kebanggaan tersendiri karena ada beberapa keistimewaan yang bisa kamu dapatkan.

Pengamat Pendidikan, Doni Koesoema, menuturkan bahwa lulusan SMK ini seharusnya bisa memiliki sertifikat yang bisa diakui oleh dunia industri.

Dengan adanya sertifkasi ini jadi tidak perlu ada lagi Ujian Nasional (UN), cukup ujian sekolah saja. Karena mereka sudah dilengkapi dengan sertifikat yang diakui oleh dunia kerja.

“Lagi pula ujian seperti ppkn atau yang lainnya kan tidak relevan dengan apa yang ingin dicapai. Lebih baik fokus ke jurusan-jurusan yang memang menjadi prioritas seperti kemaritiman dan juga pariwisata,” jelasnya.

Doni menambahkan agar sistem yang ada di SMK bisa diubah. Mulai dari kurikulum hingga jurusan yang disediakan. Jika memang terdapat jurusan-jurusan yang tidak diperlukan dalam pembangunan nasional ini, ada baiknya di tutup saja.

“Lalu fokus ke jurusan-jurusan yang memang menjadi prioritas. Dievaluasi semua, mulai dari guru, kurikulum, sampai lab-nya,” pungkasnya.

sumber: http://news.okezone.com/

 

Tags: , ,