Alhamdulillahi Robbil ‘Alamin, SMK Negeri 9 Malang kembali mengadakan kegiatan Seminar Nasional Pendidikan Ke-3 dengan tema “Pembelajaran Abad 21 dengan Pendekatan STEM untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan” yang dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 28 Juli 2018 bertempat di RPS SMK Negeri 9 Malang.

Seminar Nasional ini dilakukan secara berkala oleh SMK Negeri 9 Malang sebagai salah satu upaya untuk turut berperan aktif dalam meningkatkan profesionalisme pendidik di Indonesia, khususnya pendidik di lingkungan SMK Negeri 9 Malang. Kegiatan ini juga diharapkan dapat digunakan sebagai wadah bagi guru dan praktisi pendidikan di Indonesia untuk mendiskusikan dan mempublikasikan hasil penelitian serta inovasi dalam rangka meningkatakn kualitas pembelajaran di sekolah.

Seminar Nasional Pendidikan ke-3 ini menghadirkan 2 pembicara utama yaitu Prof. Dr. Ir. Suhardjono, M.Pd., Dipl.HE. (Guru besar Fakultas Teknik Universitas Brawijaya Malang) yang menyampaikan makalah tentang Pembelajaran berbasis STEM dan Prof. Dr. Djoko Saryono, M.Pd (Dosen Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang) yang menyampaikan makalah tentang Inovasi Paradigma Pendidikan Nasional pada Abad 21. Selain pembicara utama, seminar kali ini juga menghadirkan pembicara tamu dari AMINEF (American Indonesian Exchange Foundation) yaitu Ms. Alexandra Gwynn.

Seminar Nasional Pendidikan kali ini diikuti oleh lebih dari 100 orang peserta yang terdiri dari guru (baik guru pada tingkat pendidikan dasar maupun pendidikan menengah) dan praktisi pendidikan. Pada sesi seminar paralel dipresentasikan 22 makalah hasil penelitian maupun kajian ilmiah dari para pemakalah seminar. Melalui kegiatan Seminar Nasional ini diharapkan mampu memberikan sumbangan yang signifikan bagi kemajuan pendidikan di Indonesia.