Mengawali semester genap tahun pelajaran 2018/2019, Tim Adiwiyata bekerjasama dengan Kurikulum mengadakan kegiatan Workshop Penyusunan RPP Adiwiyata yang  diselenggarakan pada tanggal 14, 15 dan 19 Januari 2019 dan diikuti oleh semua guru SMK Negeri 9 Malang. Tujuan dari penyelenggaraan workshop ini adalah agar guru-guru SMKN 9 Malang dapat menyusun perangkat pembelajaran yang berbasis lingkungan sebagai salah satu komponen dalam rangka mempersiapkan SMKN 9 Malang menjadi sekolah Adiwiyata tingkat Propinsi.

Bertindak sebagai narasumber workshop ada Drs. Sutikno, M.Pd selaku waka kurikulum, Sovia Yuliastuti, S.Pd selaku ketua tim Addiwiyata dan Drs. Samsudin, M.Si, selaku pengawas SMKN 9 Malang yang juga menjabat sebagai koordinator Adiwiyata Kota Malang.

Materi yang disampaikan pada Workshop penyusunan RPP Adiwiyata antara lain: Sosialisasi Sekolah Adiwiyata, Pembelajaran Berbasis Lingkungan , Prinsip Penyusunan Perangkat Pembelajaran Berbasis Adiwiyata (Silabus dan RPP), Analisis KD, Pembelajaran Berbasis Konservasi (Conservation Based Learning) dan Pengembangan Silabus dan RPP Adiwiyata.