Kategori UtamaKegiatan Sekolah

Juara III Penilaian Kinerja Kepala Sekolah se-Kota Malang

Alhamdulillah, kepala SMKN 9 Malang, Ibu Dra. Tri Endarwati, MM meraih peringkat ke-3 pada kegiatan penilaian kinerja kepala sekolah se-Kota Malang. Dalam acara ini sekolah mengirim beberapa guru dan siswa untuk mendukung ibu kepala sekolah.

[wzslider]

Walikota Malang H. Moch. Anton menghadiri penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan Kota Malang yang digelar di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang, Kamis 22 Desember 2016.

Selain dihadiri Walikota Malang, penganugerahan hasil kerjasama antara Dinas Pendidikan Kota Malang dan Universitas Negeri Malang inipun dihadiri oleh Wakil Walikota Malang Drs. Sutiaji, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Malang Hj. Dewi Farida Suryani dan beberapa Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Malang.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Pendidikan Kota Malang Dra. Zubaidah, MM mengatakan jika kegiatan ini berawal dari pemikiran untuk meningkatkan kualitas pendidikan yang ada di Kota Malang.

Dari hasil pengamatan mendalam, kemajuan sebuah sekolah beserta warganya tergantung pada kepemimpinan kepala sekolah. Satuan lembaga pendidikan dalam hal ini sekolah akan baik kualitasnya, banyak berderet prestasinya jika dipimpin dengan baik dan benar oleh kepala sekolah.

“Kegiatan ini merupakan sebuah apresiasi Pemerintah Kota Malang melalui Dinas Pendidikan terhadap kompetensi para kepala sekolah jenjang SD, SMA maupun SMK agar termotivasi dan terdorong untuk selalu berkreasi, berinovasi dan pada akhirnya mampu untuk berprestasi pada bidang akademis maupun non-akademis,” tutur Zubaidah.

Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk pemetaan kualitas, kompetensi dan juga kebutuhan pendidikan di Kota Malang. Sehingga ke depannya dapat dijadikan salah satu sumber informasi pihak provinsi maupun pihak Kemendikbud dalam merumuskan kebijakan ataupun memberikan program bantuan pada bidang pendidikan di Kota Malang.

Sementara itu Walikota Malang H. Moch. Anton dalam sambutannya mengatakan sangat mengapresiasi inovasi yang digulirkan oleh Dinas Pendidikan Kota Malang ini. Melalui kegiatan seperti ini maka pemerataan kualitas pendidikan dapat diwujudkan dengan baik.

Jika beberapa waktu lalu Yogyakarta selalu menjadi Kota Pendidikan yang masyhur di seantero Nusantara, namun perlahan tapi pasti, Kota Malang telah sejajar dengan Yogya. Hal itu tidak terlepas dari berbagai rangkaian prestasi yang diraih oleh insan pendidikan dalam berbagai ajang lomba, kompetisi, serta gelaran kegiatan lainnya yang berhubingan dengan pendidikan di berbagai level. Baik level lokal, regional, nasional bahkan internasional.

“Dengan kegiatan seperti ini diharapkan tumbuh dan berkembangnya motivasi pada diri kepala sekolah untuk terus meningkatkan kompetensi diri mereka agar lebih berkualitas serta berprestasi,” harap Walikota Malang yang biasa disapa Abah Anton oleh warganya itu.

Keberadaan peran dan fungsi kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang sangat menentukan mutu sekolah. Dalam setiap upaya peningkatan kualitas pendidikan, tidak terlepas dari berbagai hal yang berkaitan dengan eksistensi kepala sekolah.

Kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah, pola kepemimpinannya akan sangat berpengaruh bahkan sangat menentukan kemajuan sekolah. Oleh karena itu dalam pendidikan modern kepemimpinan kepala sekolah perlu mendapat perhatian secara serius.

Kepemimpinan kepala sekolah adalah cara atau usaha kepala sekolah dalam mempengaruhi, mendorong, membimbing, mengarahkan dan menggerakkan guru, staf, siswa, orang tua siswa dan pihak lain yang berkaitan untuk bekerja atau berperan serta guna mencapai tujuan yang telah ditetapkan.

Kepala sekolah juga memiliki tanggung jawab atas lembaga yang dipimpinnya untuk melaksanaan berbagai kegiatan, mengelola berbagai masalah yang berhubungan dengan pelaksanaan administrasi sekolah, pembinaan sarana dan prasarana, sehingga kepala sekolah dituntut mampu menunjukkan kinerja (work performance) yang ditopang oleh derajat penguasaan kompetensi yang memadai.

Kegiatan penganugerahan Evaluasi Kinerja Kepala Sekolah inipun semakin semarak manakala siswa-siswi yang ada di kota Malang menunjukkan aksi kreasi mereka di panggung yang telah disediakan. Tari Topeng, permainan rancak tetabuhan grup band, pembacaan puisi bahkan penampilan operet yang dibawakan oleh Bapak/Ibu Kepala Sekolah turut mewarnai dan juga cukup menghibur para undangan yang hadir.

Referensi : maalangkota.go.id

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *