PT ALFAN MECHATRONICS INNOVATION yang berlokasi di Kota Malang pada awalnya berdiri dengan nama CV Alfan Elektronik kemudian berkembang menjadi PT AMI, merupakan salah satu PT yang bergerak di bidang kontraktor, supplier, consultant, dan kursus teknik otomasi listrik industri. Pada kegiatan produksi PT AMI menampung teman-teman yang ingin mengembangkan keahlian di bidang elektronika/mekatronik/listrik dll., melalui kegiatan kursus maupun Praktik Industri kerja sama dengan sekolah-sekolah SMK, Universitas, dan lembaga lainnya.

PT AMI didirikan dan diketuai oleh Bapak Alfan Imawan yang merupakan lulusan dari SMK dan juga saat ini sebagian besar pekerjanya merupakan lulusan dari SMK juga.

Proses kerja sama ini telah dan akan melalui beberapa proses. Langkah awal dalam proses kerja sama ini adalah pengenalan antara pihak satu dengan yang lain. SMKN 9 Malang yang sebelumnya memang telah menggunakan secara langsung produk dan jasa dari PT AMI mengunjungi kantor sekaligus tempat produksi dari PT AMI yang dilaksanakan pada tanggal 26 Januari 2020. Pada kunjungan tersebut SMKN 9 Malang melihat kegiatan produksi dan produk dari PT AMI.

Setelah kunjungan sebelumnya, PT AMI kemudian diundang ke SMKN 9 Malang untuk mengenalkan tentang PT AMI dan dunia kewirausahaan kepada guru SMKN 9 Malang yang diwakili oleh Bapak Alfan Imawan yang merupakan pendiri dan direktur dari PT AMI. Pada kunjungan kali ini juga dilaksanakan penandatanganan MoU yang menandakan disahkannya kerja sama antara SMK Negeri 9 Malang dan PT AMI.

Salah satu tujuan dari kerja sama ini adalah adanya rencana pembukaan kompetensi keahlian baru di SMKN 9 Malang yaitu Teknik Elektronika Industri (TEI). Pada pembukaan kompetensi keahlian TEI ini PT AMI diminta menjadi mitra dari pihak industri dan dunia kerja (iduka), yang kedepannya akan bersinergi dalam pengembangan kurikulum, penyerapan siswa Praktik Kerja Lapangan (PKL), dan penyerapan lulusan siswa dari TEI.